Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siaga Perampokan Data Individu untuk Utang Online, Ini Langkah Melindunginya

 Rumor perampokan data personal untuk pengajuan utang online (pinjol) ilegal ramai terjadi. Sebagian orang akui sebagai korban karena tak pernah ajukan utang dana ke pinjol tetapi memperoleh bill.

Siaga Perampokan Data Individu untuk Utang Online, Ini Langkah Melindunginya

Data personal korban diperhitungkan sudah diculik atau disalahpergunakan pelaku tidak bertanggungjawab untuk ajukan utang. Menyaksikan ini, perlu untuk ketahui langkah membuat perlindungan data personal agar tidak disalahpergunakan untuk pengajuan pinjol ilegal.

Pertama, hal yang dapat dilaksanakan ialah ketahui langkah kerja program pinjol ilegal. Pemerhati tehnologi info (IT), Ruby Alamsyah memperjelas jika peristiwa pinjol ilegal telah ramai di Tanah Air semenjak tahun-tahun ini ini.

"Sejauh ini, beberapa kasus kebocoran data personal di program pinjol itu murni karena program pinjol ilegal itu sesungguhnya mengambil data personal kita langsung. Tapi memang berkesan ‘diberikan ijin' oleh pemakainya," kata Ruby.

Ruby menjelaskan jika pinjol ilegal mengambil data personal dengan memberikan filtur-filtur seperti spyware pada program yang terpasang oleh pemakai pirantinya.

Filtur-filtur serupa spyware itu ada berbentuk keinginan ijin akses SMS, WhatsApp, posisi dan camera handphone.

"Keinginan akses barusan ditempatkan pada awal sama program-aplikasi pinjol ilegal buat apa? karena dua perlu agunan pada orang kabur (tidak bayar pinjaman)

namanya ia ilegal kan," kata Ruby.

Disamping itu, Ruby memperjelas cara-cara yang dapat dilaksanakan agar data personal tidak bocor dan disalahpergunakan oleh faksi lain. Pertama, tidak boleh menempatkan program pinjol yang ilegal atau mungkin tidak tercatat Kewenangan Layanan Keuangan (OJK) di handphone.

Ke-2 , tidak menempatkan program-aplikasi yang tidak sah atau yang tidak dikenali dengan cara tepat developernya. Selanjutnya, saat menempatkan program sepantasnya memerhatikan ijin akses yang disuruh program itu sudahkah sesuai perannya.

"Misalkan program games meminta akses ke camera, atau program games meminta akses ke galeri photo. Itu tidak nyanbung kan," kata Ruby.

Karena itu, dia menghimbau supaya siaga bila ada program yang minta ijin ke data personal. Terutama bila tidak ada hubungan benar-benar dengan program itu.

Posting Komentar untuk " Siaga Perampokan Data Individu untuk Utang Online, Ini Langkah Melindunginya"